Strawberry Sorbet

Kemarin, pagi-pagi udah liat postingan Rise soal Hon Zen, ngilernya malah sama sorbet semangka 😛

Turunlah ilham untuk bikin sorbet. Maka berhubung saya adalah gadis dengan kekuatan Google di tangan, *halah* mulailah saya cari resep sorbet semangka paling sederhana, yang enggak perlu pake ice cream maker.

Enggak sampe 15 menit kemudian, mamang sayur lewat dan saya menyongsong dengan suka cita, karena biasanya si Mamang bawa semangka. Tapi ternyata kurang beruntung, si Mamang enggak bawa. Niatnya sih mau pesen semangka biar besok bisa dibawain, tapi ternyata beliau bawa stawberry. Jadilah saya batalkan pesanan semangka dan ambil dua pak strawberry seharga 15 ribuan.

Hasil baca-baca, sorbet adalah sari buah, air, perasan jeruk nipis/lemon dan gula yang dibekukan (kadang ditambah liquor juga). Teksturnya crunchy, bukannya lembut dan creamy kayak saudara-saudaranya yang lain macam es krim atau gelato. Atau kalo kata Rise, kayak es serut.

Metoda yang saya pakai saya modifikasi dari sini, yang dimodifikasi dari resep di Gourmet Magazine (jadi ceritanya modifikasiception)

Strawberry Sorbet

Bahan :

1 mangkok strawberry segar

gula pasir sesuai selera, larutkan dalam 100 ml air

1 sdt perasan jeruk nipis

Buat ngebekuin :

es batu (saya bikin dari air mentah siang hari buat dipakai malam) dan garam 1 cangkir

Cara pembuatan:

– Masukkan strawberry yang sudah dipotong dua ke dalam blender, campur dengan air gula dan air perasan jeruk nipis

– Masukkan hasil blender ke dalam plastik ziplock (kalo di resep asli, sari buahnya di saring dan ampasnya dibuang, saya enggak saring sari buahnya karena sayang-sayang mau dibuang, astaga irit banget sih xD)

– Masukkan es dan garam ke dalam airtight container – atau wadah kedap udara/air lainnya, masukkan plastik ziplock berisi strawberry, putar-putar sampai jus dalam ziplock beku. Hidangkan.

Waktu saya mencoba cara ini, bekunnya cuma separuh, karena awalnya garem yang saya masukkan terlalu sedikit dan toplesnya enggak diputer-puter, dan saya tinggal makan malam 😛

Jadi walaupun rasanya manis, masam, seger dan enak, teksturnya macam Wall’s Buavita yang udah leleh. Agak cair, sedikit krenyes-krenyes dan kadang ada biji stroberinya kegigit.

sorbet setengah beku

Saya ambil beberapa cangkir buat dimakan abis makan malem (niatnya cuma secangkir doang tapi ternyata ketagihan, bok), sisanya masukkin ke freezer. Pagi ini waktu saya keluarin dari freezer, udah beku beneran, yay!

setelah masuk freezer semalaman

setelah masuk freezer semalaman

Biarpun gagal, saya masih percaya metode “es puter” ini bisa berhasil kalo dilakukan dengan metode yang pas dan benar, karena mamang penjual es puter juga bisa kok pake begini, dan sudah saya buktikan memang bekunya cepet banget,  hampir seketika!

Tapi kalau kemudian ternyata usaha muternya belum cukup, freezer to the rescue, deh, meskipun memang butuh waktu lebih lama.

H doyan sih, tapi doi enggak doyan-doyan amat, mungkin karena asem ya. Berhubung dia kalem, pilihan makanannya juga kalem. Mungkin kalau dibikinin sorbet semangka dia bakal lebih doyan. :mrgreen:

Advertisements

5 thoughts on “Strawberry Sorbet

  1. Sorbet ga selalu crunchy sih, Mbak. Aku pernah beberapa kali makan sorbet yang teksturnya lembut macam es krim/gelato gitu, salah satunya orange sorbet-nya BR. Waktu makan itu aku sama partner makanku bingung gimana bisa bikin sorbet sampe selembut itu. Aku jadi penasaran pingin coba bikin juga deh 😀

  2. *mikir* *beneran aku mikir lho mbak*
    yg kutau itu es garam itu (ada yg kemasan pabrik juga kan) cuma dipake buat mempertahankan suhu. jadi kenapa nggak beku awalnya. dugaanku sih karena kurang banyak es batunya dan karena nggak disaring.
    kedua, kalo bikin sorbet lembut banget gitu ada tambahan sesuatunya kayaknya.
    (trus apa ini komen nggak mutu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: