Menanam Seledri

Tidak semua yang kita baca di internet itu benar. Tapi jika beruntung, ada beberapa hal yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan, memang benar-benar nyata.

Menanam seledri adalah salah satunya.
Seledri adalah jenis tanaman (herba?) yang keberadaannya penting ngga penting. Perlunya paling cuma satu atau dua helai untuk satu masakan (suatu ketika suami pernah mengadu klo indomi yang dibuatnya terasa pahit, begitu diliat lah ternyata stok seledri di kulkas nyemplung ke panci indomie semua. *palmface.jpg*).

Penggunaan seledri cukup luas mulai untuk spaghetti bolognaise sampe capcai jawa. Biarpun cuma butuh sedikit, klo ngga ada seledri rasa masakan jadi sedikit beda karena aroma seledri yang khas memang tidak bisa disubtitusi. Beli seledri cuma seribu juga udah dapet banyak, kadang keburu layu sebelum sempat habis dipakai.

Jadi setelah beberapa kali ngeliat postingan di Pinterest soal menanam seledri dari ‘sampah dapur’, saya memutuskan untuk mencoba mumpung gampang. Abis klo yang ribet macam beli bibit pasti mikir-mikir :p

Instruksinya super sederhana : siapkan serumpun seledri yang masih memiliki akar. Terus, potong batang sekitar 5 cm dari akar, tancapkan ke dalam tanah di polibag/pot. Jaga tanah agar tetap lembab sampai seledri tumbuh dan rimbun. Terlalu mudah ya? Mirip iming-iming investasi Koperasi Langit Biru-nya Jaya Komara.

Tapi ternyata para petani-petani di internet itu ngga bohong. Baru 3 hari ditanam, sudah muncul tunas di beberapa tempat. Yess! Semoga lancar sampai saya punya sepot penuh seledri. 😀

(Soalnya seledri ini tanaman yang suka dingin. Sementara kota tempat tinggal saya, meski hanya berjarak setengah jam dari Bogor dan kalo malam suka turun kabut, cuacanya udah rada hangat)

image

Posted from WordPress for Android

Advertisements

2 thoughts on “Menanam Seledri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: