Selamat Hari Kartini

Entah saya berada di belahan dunia mana, tapi yang jelas Pemkot baru menyelenggarakan acara Hari Kartini untuk anak TK tanggal 22 Mei kemarin. Tsk.
Berhubung Ingga ikutan lomba baca puisi, maka Tante meminta saya untuk mendandani Ingga. Ngga boleh yang heboh, tapi biar ngga polos-polos banget. Soalnya Tante ngga mau bawa-bawa Ingga ke salon jam setengah 6 demi Kartinian telat ini.

Malam sebelumnya, saya tes make-up buat ngira-ngira harus gimana ngedandanin Ingga.

Dan sebagai tukang rias yang baik, maka saya juga mengajak Ingga ngobrol biar dia ngga minta udahan walaupun tanpa ngobrol juga dia keliatan anteng dan seneng. Ya iyalah, setelah sekian lama selalu diusir-usir sama mbah dan Ibunya kalo mendekati peralatan ngelenong saya, akhirnya Ingga dapet juga kesempatan megang-megang semua yang ada di jangkauan tangannya.

Salah satu yang saya ceritakan adalah soal blush-on.

“Kalo blush on, yang warnanya terang ini buat (diem sebentar, mikir padanan kata apple cheek tapi akhirnya cuma bilang) pipi, yang warnanya lebih gelap buat tulang pipi.”

“Yang namanya tulang pipi mana, Yu?”

“Ini,” saya mengetuk pipi dia pake kuas. “Sekarang Ingga masih banyak lemak bayi di pipi, jadi pake pink biar lucu. Nanti klo udah besar, pasti cantik deh dipakein blush-on warna-warna lain, soalnya ada bakat punya tulang pipi tinggi.”

Neng, madep abang dong. Ah ilah si eneng..

Besok paginya, waktu didandanin beneran, Ingga bilang, “Yayu kalo tulang pipi Ingga udah tinggi, cocoknya pake warna apa?”

Saya emang suka rada serius kalo ngobrol ama anak kecil, biarpun topiknya ane2, semacam keberadaan tuyul terbang atau arti kata “bangkrut”. Tapi kadang saya pikir saya harus rada santai sedikit. Sereeem~

Waktu itu pernah kami nonton TV dan duduk sebelahan sambil selonjor, ngeliat kaki saya, Ingga mendadak bilang, “Yayu sama Ibu kakinya putih. Nanti Ingga juga bisa putih ngga kulitnya?”

Saya jelasin kalo saya juga aslinya item, putih cuma karena sering pake baju panjang-panjang. Lagian, “Item juga cantik tau, Ngga.. Ga ngebosenin.”

Mencelos juga denger anak TK kuatir soal warna kulitnya. Terimakasih, iklan produk kecantikan. Cuci otak kalian berhasil menjangkau generasi termuda kami. Sekarang kami cuma boleh hidup dengan satu standar kecantikan ya? 😐

Dari TK, rombongan ibu-ibu termasuk saya berangkat ke RRI berhubung lombanya diadakan di sana. teman-teman Ingga kebanyakan ikut peragaan busana. Cuma Ingga yang ikut lomba baca puisi.

Biasanya kalo pergi bareng sama Ingga, saya disangka Ibunya.. =____=’

Walaupun secara teknis memungkinkan, anggaplah melahirkan Ingga di usia 18 tahun. Tapi kalo yang ‘nuduh’ mas-mas ganteng (kayak yang di Alfamart kapan tau itu) kan saya jadi pengen ketawa jongkok.

“Teteh, masih muda anaknya udah dua? Bisaan ya.”

Kalo saya dituduh ibunya Pintan, baru namanya sakti. Berarti saya udah melahirkan pas umur 14 tahun. Yang mana dapat memperbesar resiko kanker rahim. 😐

Dan di RRI.. Bejubel penuh orang. Ternyata ada bazaar dan pengundian motor. Ingga keliatan tenang waktu masuk ruangan penuh orang buat lomba puisi.

Dia paling cuma rada stess karena ngeliat ada beberapa anak yang maju kedepan tiba-tiba minta pipis atau nangis minta ditemenin ke panggung.

Sebelum berangkat, semua orang rumah usep-usep kepala Ingga dan bilang, “Nanti baca yang keras ya Ingga.” atau “Penontonnya diliat ya Ingga.”, ngga ada yang ngungkit-ngungkit soal piala dan menang. Ingga agak takjub juga liat piala besar-besar yang ada di meja juri. Dia cuma komentar, “Kalo menang dapet itu ya, Yu?”

Saya ngga terlalu ngerti psikologi anak dan ngga pernah baca bukunya soal itu kecuali cuma baca sekilas di tabloid Nova. Jadi saya ngga ngerti apa sudah waktunya mengenalkan Ingga pada konsep kalah-menang.

Sebenernya kalah dan menang itu adalah sesuatu yang bakal dia pelajari dengan alami, main suit aja ada kalah menang. Tapi menang atau kalah dalam satu kompetisi, bisa jadi lain cerita.

Pas giliran Ingga maju, di baca puisi dengan buru-buru. Cuma sempet mengucap salam ke Juri. Terus buru-buru balik abis udah selesai.

Lega liat Ingga berani maju ke depan ditonton seratusan orang. Udah takut aja kalo dia bakal mogok sapi, ngga mau maju dan ngga mau mundur.

Horeeee, hidup Ingga! *lambai-lambai pom-pom*

mukanya kesel gitu. abis udah siang banget sih, panas pun. XD

Advertisements

12 thoughts on “Selamat Hari Kartini

  1. foto terakhir, yg sebelah ingga cakep ya. Mukanya kuning. Keren.

    Selain serius ngobrol sama anak kecil juga serius bahas printilan, sampe bawa-bawa kanker rahim :mrgreen:

  2. biar sesuai dengan emoticon “XD”, hahaha. abis mau di crop tapi nanti bentuknya aneh.. :mrgreen:

    ….
    iya, serius banget ya? waduh, pertanda apa ini. jangan2 bentar lagi mau ujan… πŸ˜†

  3. Terimakasih, iklan produk kecantikan. Cuci otak kalian berhasil menjangkau generasi termuda kami. Sekarang kami cuma boleh hidup dengan satu standar kecantikan ya?

    ^:)^

    :mrgreen:

  4. untung hari kartininya ga diadain tanggal 21 juni yah? hahaha *uuupps*

    make up nya bagus, natural, ga keliatan pake make up. baguslah, dari pada anak TK udah didandanin macem2 :mrgreen:

  5. eh itu ponakan kamu? Aku beda 14 tahun sama adikku dan dari dulu kalo gendong dia juga sering disangka emaknya πŸ˜€

    tinggal di pemkot mana sih? -_- baru sekarang ngadain? πŸ™‚

  6. @ Jasmine : biar pas ya sebulan? πŸ˜† abis dia mah gerahan, lagian aku suka geli kalo liat anak kecil dandan heboh.. XD

    @ Opat : bukan, adek sepupu. hahaha.. wow, seru banget bedanya 14 tahun. udah bisa momong adik sendiri.. enak jadi adiknya. :mrgreen:

    @ Aris : amiiinn… jelita luar dalam ya. πŸ˜€

  7. @ tama : ngaco emang.. udah ganti horoskop juga tuh, harusnya ngga sah. πŸ˜†

    @ evillya : =)) jangan2.. sebenernya ini yang ngadain pemkot Hawaii? *Hawaii cuma beda sehari woi*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: