Mimisan

Karena Ingga sedang demam, jam 7 malam tadi saya sudah tiduran di sebelah Ingga dan mendongeng biar Ingga bisa tidur lebih cepat. Di tengah-tengah cerita, saya melihat Ingga mengerjap, matanya berair terus. Sementara Ingga masih keliatan biasa aja, malah saya yang jadi ngantuk, dongeng mulai ngelantur sampe ke ojek payung.

Ngga berapa lama, “Yayu, mimisan..” Ingga mengacungkan tangannya ke depan muka saya, ujung-ujung jarinya berdarah.

Saat saya periksa, ternyata memang betul Ingga mimisan. Saya akhirnya mencari tisu, menggulung dalam diameter setengah sentinya dan menjejalkan ke hidung kiri Ingga. Darah berbercak-bercak di tisu yang digulung. Saya membuat gulungan tisu yang kedua dan menyuruh Ingga tiduran sambil dengak tanpa bantal.

Setua ini, saya belum pernah mimisan. Jadi saya ngga tau apa rasanya mimisan. Tapi karena Ingga cuma diem aja, saya pikir rasanya ngga sakit.

Pintan bilang, mimisan rasanya cuma kayak pilek biasa. Ini juga bukan mimisan Ingga yang pertama.

Ternyata mimisan ngga harus dramatis berdarah-darah, macam orang2 di film yang saking dramatisnya bikin kita yakin dalam beberapa scene atau episode berikutnya, si tokoh mimisan ini akan mengatakan sesuatu seperti, “..hidupku tak lama lagi..” atau sebangsanya.

Etapi adik bungsu saya pernah mimisan dengan heboh. Waktu itu dia kelas 1 SD dan saya kelas 5, saya lihat kejadiannya karena kami satu sekolah. Mukanya kena hantam bola sepak yang nyasar, trus tiba-tiba darah meleleh aja gitu dari idung. Dia sih cuma melongo, mungkin karena shock. πŸ˜†

8 thoughts on “Mimisan

  1. Aku akhirnya udah mimisan. Empat kali. Dan iya emang ga dramatis macam cewek-cewek di drama yang bilang, “lupakan aku, umurku tak panjang” sembari pegang sapung tangan berbercak darah. Cuma kayak pilek biasa, mendadak ada yang mengalir aja dan merah. Nggak harmful juga sih (kayaknya). Tapi, kalau terjadi dlm waktu yang berdekatan dan agak banyak, ada sensasi cenat cenut yg ga nyaman 😐

    • mimisan itu serem, teman TK saya pernah mimisan lumayan darahnya terciprat di bajunya, seperti orang yg habis berantem, dia tidak terlihat sakit hanya heran kok baju saya jadi berubah warna ???.. mimisan itu gejala normal,, dulu sy pun pernah mengalami bila sering main panas2an di lapangan kl inget dl wktu kecil sy punya asumsi mimisan itu karena peradangan kalau peradangan itu disebabkan panas, maka darahnya pada mendidih jadi darahnya meluap keluar lewat hidung,,,, (imajinasi anak2). adik bungsu anda mimisan karena kena bola nyasar itumah kasihan,,, dia cuma ngelongo bengong,,, miris jg baca cerita adik anda jd inget dl sy jg pas kena bola nyasar rasanya pusing sprti kena tinju mike tyson… haduhhh,,,, \m/. untuk mencegah pendarahan bisa dicoba dengan sering makan sayur oyong dan minum jus sayur (wortel, timun, timun suri) mudah-mudahan ingga bisa sehat dari mimisan… πŸ™‚

  2. @ shinra : empat-empatnya selama di sana? karena kedinginanan? weeh aku jadi berasa ikut nyut2an.. xD

    @ claudisi : hahaha.. imajinasinya lucu, darahnya sampe mendidih segala.
    etapi konon di tempat yang emang suhunya panas banget, juga gampang mimisan, malah belum sempat ngalir udah kering dulu, pembuluh darahnya sih yang pecah. oh, begitu rasanya kena bola nyasar ya? duh, kasian. saya belum pernah soalnya.. πŸ˜†
    iya terimakasih, ih tau aja ingga suka sama sayur oyong, adem katanya πŸ˜€

  3. πŸ™‚ itulah Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa menciptakan kehidupan di masa anak-anak, Ms. Pladia juga pernah pny imajinasi donk ? apa ujuk-ujuk langsung jd Ms. Pladia hihihi JKD, ehm ngeri baca pembuluh darah sih pecah imajinasi langsung bergambar balon berisi air berwarna merah dan ditusuk pakai jarum abis itu meletuskan air di dalamnya duarrrr….. hatiku sangat kacau….

    iyap,, setuju,,, daerah panas lbh cenderung membuat gampang mimisan. jangan deh sebaiknya kena bola kasian … sakit…

    nje sami-sami, bearti ingga sehati dgn sy πŸ™‚ sayur oyong, makanan sy dr kecil maklum sy orang kampung karena orang tua sy mampunya untuk masak sayur itu, bener kata ingga adem rasanya apalagi kalau di campur dengan bihun tambah adem,,, πŸ™‚ salam ya bwt ingga, semoga menjadi anak yang berbakti pada orang tuanya dan anak sholeh. *senyum*

  4. empat-empatnya selama di sana? karena kedinginanan?

    Iya, keempat-empatnya selama di sini πŸ˜† Karena kedinginan, biasanya mimisannya kalau habis dr luar yg lagi dingin ke tempat yg anget. Bener kata Claudisi, katanya sih karena pembuluh kapiler di hidung ada yg pecah karena ga bisa menahan tekanan udara begitu deh. Di sini yg biasanya mimisan sih anak-anak dr negara tropis, ga biasa sih soalnya πŸ˜€

  5. @ claudisi : ooh, tentu saya punya imajinasi.. * bikin pelangi imajiner di atas kepala* πŸ˜†
    amiiin, amiinn.. πŸ˜€
    eh, mamanya dia kalo bikin juga pake bihun lho.. jangan2 ini, ingga? *halah*

    @ shinra : hahaha.. iya kali ya, tinggal di daerah yang puluhan derajat lebih dingin dari tempat asal.. tapi sekarang udah menghangat kan cuaca? jadi ngga perlu mimisan banyak2 dan merasakan sensasi cenat cenut.. πŸ˜€

    • sepertinya indah bikin pelangi imajiner,,, kapan-kapan kita bikin bareng yuk! ?, kl liat imajinasi anda sy jd ingat dulu wkt kecil pernah mengejar pelangi yang terlihat di sebuah bukit setelah selesai hujan,,, SubhanAllah indah sekali tapi tidak bisa menyentuh pelangi, karena pada saat mendekat ia terlihat bias bila didekati ternyata ia sudah ada dibelakang sy, kemudian sy mundur ternyata sdh terlewati jg,,,,, :). jd hanya bisa dipandang hingga pada angle paling terdekat yang bisa sy tangkap,,,, ingin seperti itu lagi….. :D,

      bearti mamanya ingga jg seperti mamah sy,,, wah tambah sehati aja nih,,, :D.

      kalo Ms.Pladia suka oyong jg ga sprti ingga adik Ms.Pladia ?

Leave a Reply

