Nasi Udang Bu Rudy

Belum pernah denger nasi udang Bu Rudy?
Sama.
Sebenernya saya juga baru denger beberapa minggu ini, karena ada satu temen Twitter yang tergila-gila banget ama nasi udang bu Rudy. Saya sampe penasaran, akhirnya gugling juga. Dan saya jadi ikut kepengen ngebayangin udang renyah dan sambal rawit pedas berminyak.

Ckckck.. Marketing 2.0 ini mah, word of mouth.
Nasi udang ini ngetop banget di Surabaya, tempat asalnya. Tapi dia juga udah buka cabang di Kelapa Gading, Jakarta.

Sabtu kemarin, bosen ama udang yang ngga jauh-jauh dari di balado atau digoreng pake bawang putih, akhirnya kemarin saya ikut bikin juga. Garis besar sih dari resep bu Rudy, tapi beberapa bahan yang beda. Hasilnya juga jelas beda. :mrgreen:

Udang Goreng
250 gr udang segar
5 sendok tepung terigu
1/4 sdt garam
2 siung bawang putih
merica

Sambal Minyak
6 buah cabai merah besar
10 buah cabai rawit
5 buah bawang merah
Minyak goreng
gula, garam secukupnya

Taburi uang dengan merica, diamkan 5 menit. Haluskan bawang putih, campurkan ke dalam tepung, beri garam dan tambahkan air. Masukkan udang dan goreng.

Goreng cabai dan bawang merah setengah matang, angkat, tumbuk kasar, tambahkan gula dan garam. Masukan kembali ke dalam minyak, goreng sebentar, angkat dengan minyaknya.

Kesimpulannya, di resep ini udang yang saya pake terlalu gendut. Harusnya pake yang lebih kecil biar kulitnya ngga perlu dibuang dan rasanya lebih renyah. Ada resep yang nyaranin biar udang direndam baking powder selama 3 jam sebelum di lumuri tepung. Mungkin gunanya biar lebih crunchy ya?

Sambalnya juga kurang pedes. Resep aslinya emang pake cabe rawit merah, tapi di kulkas ngga ada. Lagian lebih pedes lagi kayaknya orang rumah jadi pada ngga bisa makan.. XD
Dan cabe rawit jawa yang pedes banget dan berwarna oranye itu lumayan susah dicari di pasar sini. Mungkin kalo cabe merahnya diganti cabe keriting, bisa lebih pedes lagi.
Komentar mamah sih, lebih enak kalo ditambah bawang putih. Lebih beraroma.
Emang ada beberapa resep yang nyantumin bawang putih, tapi lebih banyak yang nggak.

Hebatnya bu Rudy ini, beliau ngga kenal sama istilah rahasia perusahaan. Dia oke-oke aja ngasih resep dan ngga takut masakannya di tiru. Dan tiruannya emang udah banyak tapi kayaknya ngga ngaruh, bu Rudy tetap yang paling di cari.. 😛

Semoga saya bisa ke Surabaya (atau lebih realistisnya, Kelapa Gading) biar bisa nyobain nasi udang bu Rudy yang asli. Tunggu saya, Bu!

Advertisements

11 thoughts on “Nasi Udang Bu Rudy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: