pamali

Jam 3 pagi.. dan mata masih berbinar-binar!

Sampe bosen kalo ngomongin soal insomnia. Di rumah sih bisa aja tidur jam 9, atau bahkan jam 8. Tapi di kos? Masih bagus bisa tidur jam 5. Tidur jam 11 mah udah sujud syukur deh. Kadang kalo lagi parah banget bisa baru tidur jam 8 pagi.

Padahal kalo lagi di rumah, kalo jam 10 aja belum tidur, mamah duduk di sebelah kasur dan nanya, “Kenapa sih belum tidur juga? Tumben. Lagi banyak pikiran?”

Anuu.. aku sampai ga tau harus jawab apa. Mungkin kapan-kapan harus ada pembicaraan ibu-anak mengenai apa yang tumben dan apa yang tidak. Cepat atau lambat, saat aku kembali serumah dengan mereka, keluargaku akan mengetahui rahasiaku. Oh, aku belum siap menghadapi hari itu. Semoga mereka tidak malu akan keadaanku yang selalu terhuyung-huyung di pagi hari, bermata panda dan kantung mata bengkak. Semoga mamah dan bapak masih menerimaku sebagai anak walaupun aku penderita insomnia. Amin.

Ngga ada enak-enaknya tidur malem. Konon, sel-sel tubuh beregenerasi mulai pukul 11 malam, menggantikan sel yang mati dengan sel baru. Jadi percuma aja bales dendam tidur siang lama-lama, tetep regenerasi sel badan kita malam hari ngga berlangsung sempurna. Insomnia itu melawan hukum alam, ย melanggar aturan hidup sehat.

Beauty-sleep? Ah.. sepertinya dulu pernah denger. Duluuu sekali.

Plus, aku kehilangan waktu pagi. Udaranya. Kebiasaan nyuci pagi-pagi trus naik ke lantai 3 buat ngejemur. Nyiramin sansiviera. Nonton Backyardigan. Aku punya seluruh dunia di halaman belakaa~ang..

Bangun selalu siang, hari jadi terasa pendek.ย Padahal pamali anak gadis bangun siang katanya, menghambat rezeki.. Duuhh.

Pamali itu istilah Sunda yang berarti pantangan. Larangannya macem-macem. Ga boleh makan pindah-pindah, ga boleh duduk di pintu, ga boleh buka payung dalam ruangan, anak gadis ga boleh makan telor dalem (ituu looh, kalo nyembelih ayam kan suka ada telor yang masih belum dikeluarin), jangan nanem pohon pepaya di depan rumah dsb.

Tapi ga boleh makan atau minum dari gelas atau piring retak adalah pamali yang dijunjung tinggi sama Bapak. Biarpun cuma retak dikit, atau cuma karena mug yang udah ngga ada tangkainya, pasti disuruh ganti.

Pernah sekali saya keukeuh ga mau ganti, eh.. Bapak ngerebut aja gitu piring saya, trus beliau ngambilin piring baru.

Pamali lainnya, adalah sesuatu yang baru saya tau di semester kedua kuliah. Yaitu : pamali perempuan Sunda nikah sama lelaki Jawa.

Yang bertanya adalah seorang temen kampus, sepertinya disuruh seseorang karena beberapa bulan kemudian.. ah sudahlah, itu cerita masa remaja. ๐Ÿ˜› *emangnya 18 tahun masih bisa disebut remaja? ngarang*

Konon, dahulu kala, Putri Pajajaran Dyah Pitaloka Citrasemi, anak dari Raja Pajajaran, Lingga Buwana diperistri oleh Hayam Wuruk. Setelah pesta 7 hari 7 malam di Pasundan, Lingga Buwana, Dyah Pitaloka dan sepasukan kecil pengawal mengunjungi kerajaan Majapahit.

Ketika rombongan baru sampai di suatu tempat bernama Bubat, kesalahpahaman terjadi karena Patih Gadjah Mada mengira kerajaan Pajajaran hendak menyerahkan diri. Pertempuran tidak seimbang melawan rombongan pengawal Lingga Buana dengan pasukan Gajah Mada yang banyak dan bersenjata lengkap.

Dyah Pitaloka dan Lingga Buana tewas dalam perang Bubat. Konon lagi, perang Bubat inilah yang kemudian menjadi alasan murca-nya sang Patih.

Mungkin itulah alasannya orang Sunda ga mau dibilang orang Jawa biarpun sama-sama tinggal di pulau Jawa. Atau alasan tidak adanya nama jalan Gajah Mada di Tatar Sunda/Jawa Barat.

Oiya, cerita di atas cuma seingat saya saja. Saya baca soal perang Bubat di serial Gajah Mada-nya Langit Kresna Hariadi (aku suka banget ama serial ini.. o,O).

Saya jadi inget sama salah satu nasehat aneh yang pernah saya denger, yaitu pemakaian celana dalam terbalik untuk mencegah santet.

Apakah definisi pemakai terbalik adalah :

a. bagian dalem yang ada jahitannya di luar dan bagian luar di dalem

b. bagian depan dipakai di belakang dan sebaliknya

c. a dan b benar

Tapi saya waktu itu terlalu takjub akan ide pemakaian celana dalam terbalik tersebut, jadi ngga nanya gimana persisnya terbalik.

Hhh.. sepertinya saya harus buru-buru dapet kerjaan biar ngga punya terlalu banyak waktu untuk menuliskan hal yang aneh-aneh. T,T

Baiklah. Cari kerjaaa! Semangaaaattt! Chayaoooo! Ganbatteee!

Yaak, karena saya sudah memutuskan, maka demi memuluskan jalan saya mencari kerja, maka saat ini juga, sekarang juga, detik ini juga, saya akan melakukan hal itu!

Hal yang revolusioner!

Sebuah breakthrough yang sempurna.

Langkah dahsyat yang pasti belum dipikirkan oleh motivator manapun!!

Yaitu tidur.

Tak berguna nyari kerja kalo mata masih berkunang-kunang.

Nyemm…

Ngaco lagi.

.

.

Beneran deh. Sayah memang bener-bener harus kerja.

Advertisements

12 thoughts on “pamali

  1. Nambahin daftar Pamali aaaah~~~

    1) Pamali kalau makan di depan pintu. Katanya ngalangin jodoh. Logikanya : ngalangin orang jalan.
    2) Pamali kalau nyapu malem-malem. Katanya ngilangin rejeki. Logikanya : mata burem macam saya sering membuat apapun yang tidak boleh tersapu jadi tersapu dan yang seharusnya tersapu tetep nangkring di lantai dengan manis ๐Ÿ˜
    3) Pamali kalau makan pindah-pindah. Katanya bisa ngurangin rejeki. Logikanya : kalau pindah-pindah makannya ya ribet lah, kadang makanan jadi kececer :mrgreen:

    Bangun selalu siang, hari jadi terasa pendek. Padahal pamali anak gadis bangun siang katanya, menghambat rezeki.. Duuhh.

    Hari terasa pendek dan tiba-tiba sore dan tiba-tiba malam dan jadilah mantengin monitor semalaman karena ga bisa tidur dan tiba-tiba shubuh, oh yeaaaah. Vicious cycle ๐Ÿ˜ฆ

    Dan siang-siang ketika orang pada mandi dan makan, aku akan menjadi makhluk yang lelap tidur, sering kehilangan rejeki diajak makan bareng, kehilangan rejeki jalan-jalan, dan yang paling bagus adalah kehilangan rejeki buat kuliah (yang ini seringkali dilakukan dengan suka cita) ๐Ÿ˜›

  2. Beh, kata siapa cewek sunda pamali kalo nikah ama cowo jawa? *siap2 gagal dapet cewe sunda :mrgreen:

    Temen saya ada tuh yang bisa 3 hari ga tidur sama sekali. Aneh banget. Dan dia ga ngantuk dan ga kenapa2 katanya. Tapi kalo udah waktunya tidur, bisa berhari2 di kasur kayak orang koma… ck ck ck….

    Oh, perang Bubat yah? Yang di koran Pikiran Rakyat hari ini (Senin) heboh tuh, ada yang menentang dan ada yg mendukung pembuatan filem itu. Terserah deh….

    Apakah definisi pemakai terbalik adalah :

    a. bagian dalem yang ada jahitannya di luar dan bagian luar di dalem

    b. bagian depan dipakai di belakang dan sebaliknya

    c. a dan b benar

    Saya ngakak ngebaca ini… :ngakak

  3. untuk urusan cekaknya durasi tidur, para psikolog sepakat, bahwa hal macam ini bisa memicu instabilitas psikis dan memicu kepada gejala kepribadian ganda… mungkin tia pernah ngerasa bukan sebagai diri sendiri? bisa jadi itu gejalanya ๐Ÿ˜† :mrgreen:

    contoh riil? si rise… dia udah mulai nggak stabil! ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    pamali perempuan Sunda nikah sama lelaki Jawa

    hah?! ๐Ÿ˜ฎ benarkah?!
    saya malah dikasih taunya berkebalikan dari itu ๐Ÿ˜•

    oh ya, selamat mencari kerjaaa ๐Ÿ˜€ kalo udah nyari2 mentok ndak nemu, bisa ngelamar ke tempat saya. kamar saya butuh disapu dan dipel soalnya ๐Ÿ˜† :mrgreen:

  4. @ mrs Prast : setujuuu. pamali yang masuk akal dan beralasan, hahaha.. menggunakan alasan tidur untuk kuliah adalah alasan yang innocent, karena saya juga sering ketiduran sampe ga masuk kuliah. *astagaa*

    tapi saya sedang berusaha amat keras memutus siklus setan itu, ga mungkin aku natural-born insomniac.
    aku harus sembuh..
    biar bisa main bola lagi… btw, besok hari kamis looh! ๐Ÿ˜€

    @ Asop : wkwkwk.. ah, selama sang cewek bukan keturunan langsung raja Pajajaran dan Asop bukan keturunan langsung raja Pajapahit mah.. biarkan sajaaa cintaaa, menyatukan kitaaa~.. ๐Ÿ˜†
    btw, we share something in common.. doyan ketawa. :mrgreen:
    *abis baca komennya Asop yang banyak haha hihi-nya*

    @ Kuro : sepertinya saya sedang merasakan gejala ituu. wkwkwk… ter-ali-e-na-si!
    Risee, ayo cepet sembuh. kita main bolaaa.. (bola mulu ngomongnya)
    masa sih ada versi pamali kebalikan? wah.. baru tau.
    ohoho, terimakasiih.. saya akan bersemangaat.
    saya mau aja lah ngelamar di tempatnya Kuro, asal paket remunerasi-nya menarik.. ๐Ÿ˜›

  5. Iya, besok Kamis. Jadi bingung mau bertandang Kamis atau Jumat ๐Ÿ˜ฆ Enaknya gimana yah?

    Btw, lagi nyari Okuribito kan ya? Aku ada tuh :mrgreen:

    Berita bagus loh, sejak ujian, saya sudah tak insomnia lagi! Melainkan menjadi kebo. Jadi,untuk Kurotsuchi, kelabilan saya itu akibat terlalu banyak tidur, bukan karena kurang tidur ๐Ÿ˜† Insomnia keeps my sanity & gives me more time to explore everything ๐Ÿ˜ Hail insomnia!

  6. gak boleh minum dari gelas retak? oemjiiiii.. itu kan mug kesayangan, paling pas gagangnya, lebar mulut mug-nya, warnanya merah cantik, hadiah dari teman pula. Gak relaaaaaaa *lebay*

    ๐Ÿ˜†

    bagi saya pamali paling dahsyat: kalo nginjek kodok dapet pasangan jelek. Ya ampun… bertahun lalu saya pernah ngegencet kodok pakai kaki. Ya ampunnn… gpp lah jelek asal beriman hati dan dompet ๐Ÿ˜†

  7. @ mbak Sunu : hahaha.. iyaa. good news : sekarang sudah sembuh. Jam 9an aja udah terkantuk2. Jadwal tidur jadi jam 10. \m/

    @ takodok : wakakakaaa.. takodook, kok kamu nginjek kodok siih? =))
    jadi inget cerita konyol jadul tentang cowok bertampang.. emm.. ‘biasa’ dan denger pamali itu. Berhubung dia bertekad pengen punya istri cantik, dia selalu berjalan berhati2 biar nggak nginjek kodok. Berhasil! Dia akhirnya nikah ama cewek yang cakep pisaaan.

    Si cowok ngobrol2 ama istrinya, ngebahas soal nginjek kodok itu.
    “Bodoh banget ya saya, Hunny. Masa gitu aja dipercaya.”
    Si istri ngejawab kalem.
    “Tapi ada benernya juga kok. Beberapa tahun yang lalu saya nginjek kodok.”

    Err.. punya kepribadian jugaa penting. Mobil pribadi, rumah pribadi.. :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: