(365) Days : Kuliah dan Tugas Akhir

Di akhir Juli 2009 ini, saya (akhirnya) menyelesaikan beban dan kewajiban 155 SKS yang ditutup dengan Tugas Akhir. Wajibnya cuma 144 sih, ntah kenapa ampe bengkak gitu. Mungkin karena saya sering tertarik ama mata kuliah berjudul eksotis seperti Intelegensia Buatan atau Keamanan Sistem Jaringan atau Biosistem. Meskipun pada ujungnya saya harus ketar-ketir tiap ujian akhir karena ternyata materi kuliahnya minta ditampol.. XD

Saya tidak membenci kuliah saya.

Tapi saya membenci Tugas Akhir (TA) saya.

Saya tidak pernah IPA-people. Saya selalu IPS-people sejak kapan tau.

Dan dalam cerita yang sangat panjang lagipula ruwet, menyangkut kesalahsangkaan orang tua saya yang mengira kalo saya bisa berhitung dan mencongak maka saya suka menghitung dan mencongak, diperparah oleh saya yang saat itu belum mencapai aktualisasi diri (istilah dari serialnya The Princess Diaries), terdamparlah saya di dunia kuliah ini.

Kuliahan saya kebanyakan ujian akhirnya open book, atau open note. Sebagai orang yang doyan mengarang indah dan punya kebiasaan skimming, saya sering cuma cuma belajar di malem sebelum ujian. Untunglah, ngga parah-parah banget juga hasilnya. Ya, sepertinya Tuhan memang melindungi hambaNya yang bodoh… T,T

Nah, soal tugas akhir. Komik strip kolom ke 4 di bawah ini mengingatkan saya akan TA (kolom ke 1-3 kayaknya nyindir CSI, haha..) :

Pernah, pas saya naik kereta Bandung-Yogyakarta, temen sebangku saya agak terlalu ramah. Padahal nyaris sepanjang perjalanan saya tidur dan atau pura-pura tidur.

Pas saya terjaga lumayan lama, dia lalu bertanya soal kuliah saya.

“Oh udah lulus?”

“Iya.”

“Kemarin judul Skripsinya apa?”

“Kalo di tempat saya namanya Tugas Akhir.”

“Judulnya apa?”

“Prototipe KWHmeter Digital Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535.”

Sunyi.

Saya siap (berpura-pura) tidur lagi.

“Wah, bagus juga tuh. Beli dimana alatnya?”

“Ngga, saya bikin.”

“Oh, bikin studi kasus soal alat itu?”

Sigh.

“Saya sendiri bikin alatnya.”

“Bikin dari apa?”

Selama 10 menit, mulut saya menghamburkan sensor arus, sensor tegangan, mengalikan secara program, compile program, dowload ke mikrokontroler, ditampilkan di LCD, transformator, dan segala macem.

Worth it. Dia ngga nanya apa-apa lagi setelahnya.

Kesimpulan saya tentang  7 bulan dalam cengkraman  TA kemudian saudara seperguruannya yaitu kitab nagara sarjana semesta raya alias skripsi (karena abis bikin TA, harus bikin skripsi soal bagaimana skematik alat, penjelasan rangkaian, penggunaan, dll) adalah :

Lutut ke-solder. Tangan kena bor karena ngelubangin PCB, plus gatel-gatel kalo ketumpahan feriklorit. Ngegergaji tripleks mika. Ujung jari rusak karena keseringan ngupas kabel dan motong kawat. Kejatuhan timah cair panas. Rambut yang biasanya hitam mulai berubah jadi sewarna teh (yap, bukan cooper yang mengkilap, bukan mahogany yang indah. tapi teh doang). Muncul 3 uban dalam 4 bulan terakhir. Menginjak bulan ke 5 memasuki fase keenekan luar biasa tiap mendengar kata-kata “..kapan lulus?”. Bulan ke 6 mulai bisa menghibur diri dengan membayangkan menonjok hidung imajiner yang dari orang nanya “.. jadi, ngomong2 kapan lulus?”. Ratusan jam troubleshooting karena sejam lalu alatnya bisa nyala, sejam kemudian ngga bisa nyala.

Untunglah temen-temen kuliah saya yang kebanyakan cowok (cuma 5 cewek dari kurang lebih 50 orang) selalu membesarkan hati saya dan siaga membantu kalo saya mulai spanneng ama urusan TA.  Walaupun mereka kadang mengatakan hal yang tidak perlu seperti, perempuan yang megang solder di tangan kanan dan memegang timah di tangan  kiri itu.. umm.. macho. 😆

You know what they say. What doesn’t kill you make you stronger.

Diawal-awal kelulusan, saya sudah tidak punya keinginan untuk kuliah lagi. Tapi trauma saya rupanya mulai memudar karena beberapa bulan belakangan ini, saya mulai berfikir untuk mengambil master. Dan bukan IPA, terimakasih.. :mrgreen:

Nanti aaaah, kerja dulu. Biar rada asoy kalo udah kerja mah.. X)

Semoga kapan2 ada rejeki buat sekolah lagi, amiiinn…

6 thoughts on “(365) Days : Kuliah dan Tugas Akhir

  1. Hakakakakakak! =))

    Kelihatannya keren topik TA-nya… 😀 Selamat udah lulus! ^_^
    Kalo saya sih baru mau mulai.. moga bisa wisuda Juli… amin! 😀

  2. hah?
    hahaha.. ya siih. tugas akhir emang mengerikan, tapi cuma tugas akhir doang kok, hampir sembilan ratus ribu* orang lain juga ngalamin hal yang sama tiap tahunnya xD

    *)statistik ngasal

Leave a Reply

